Infrastruktur Kelistrikan Telah Rampung, PLN Siapkan Pengamanan Berlapis Pergelaran Aquabike World Championship

Keandalan pasokan listrik saat Internasional Aquabike World Championship (AWC) di Kawasan Danau Toba jadi perhatian PLN UID Sumut

topmetro.news – PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Utara akan menerapkan skema pengamanan kelistrikan berlapis. Hal ini untuk menjaga keandalan pasokan listrik saat kejuaraan jetski, Internasional Aquabike World Championship (AWC), tanggal 22 hingga 26 November 2023 di Kawasan Danau Toba.

Untuk memastikan persiapan tersebut, Executive Vice President Operasi Distribusi Sumatera Kalimantan (EVP ODS) PT PLN (Persero) Kantor Pusat Agung Nugraha bersama General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara Awaluddin Hafid meninjau ‘venue water front city’ yang akan dipakai dalam kejuaraan internasional tersebut.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan apel siaga kelistrikan serta gelar pasukan dan peralatan yang dipimpin langsung oleh Executive Vice President Operasi Distribusi Sumatera Kalimantan (EVP ODS) PT PLN (Persero) Kantor Pusat di Panguruan, Rabu (15/11/2023).

Agung Nugraha mengatakan, seluruh infrastruktur kelistrikan dalam mendukung pergelaran Aquabike World Championship telah rampung 100 persen. Ia juga menyampaikan, PLN akan terus mengawal pasokan listrik selama acara tersebut berlangsung dalam kondisi andal.

“Infrastruktur kelistrikan telah rampung 100 persen. PLN akan mengawal keandalan pasokan listrik selama perhelatan ini berjalan dengan baik. Selain itu, PLN telah melakukan uji coba skema pengaman kelistrikan yang telah dipersiapkan. Serangkaian simulasi telah berlangsung untuk memastikan pengamanan tersebut berfungsi dengan baik,” ungkap Agung Nugraha.

Posko Kelistrikan

General Manager PLN UID Sumatera Utara Awaluddin Hafid menyampaikan, PLN juga telah mempersiapkan posko kelistrikan berbasis ‘Supervisory Control And Data Acquisition’ (SCADA). Sistem ini teringtegrasi dari Gardu Hubung, jaringan 20 kV hingga sistem keamanan listrik di venue.

“Simulasi pengamanan kelistrikan telah berlaku dan berjalan dengan baik. Jika terjadi gangguan, PLN dapat melakukan pemulihan pasokan kelistrikan dalam waktu 2 detik,” pungkas Awaluddin.

Kelistrikan di seluruh venue gelaran Aquabike World Championship akan terus dipantau dan dipastikan aman. Petugas dan puluhan srikandi PLN akan melakukan pengecekan secara berkala. Hal ini guna mendukung kesuksesan mulai dari pembukaan, puncak acara, dan penutupan.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment